Teliti Komponen Pembiayaan Kredit Mobil sebelum Pengajuan!

Godaan memiliki mobil sendiri tidak pernah semenarik di 2020 ini. Dengan lesunya jumlah permintaan unit kendaraan mobil di masa pandemi ini, banyak dealer maupun penyedia kredit berlomba-lomba memberikan penawaran-penawaran menarik untuk menstimulasi pembelian.

Tentu saja, Anda sebagai pembeli yang pintar tidak boleh begitu saja terbujuk penawaran bombastis tanpa pengetahuan yang cukup. Artikel ini akan membantu Anda memahami apa saja komponen biaya yang akan muncul di dalam setiap transaksi kredit mobil. Pemahaman ini akan membantu Anda menentukan seberapa mampu Anda memiliki mobil melalui jalur kredit.

Komponen Biaya Kredit Mobil

1. Uang Muka/ Down Payment (DP)
DP adalah biaya pembayaran yang harus konsumen berikan ke dealer di awal. Berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), syarat DP untuk Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) untuk kebutuhan non-produktif adalah 30%. DP digunakan oleh bank penyelenggara kredit atau multifinance sebagai simbol keseriusan konsumen dalam pengajuan kredit. Semakin besar DP, semakin yakin pula bank akan kemampuan finansial nasabah untuk menggunakan jasa kredit mereka karena ada sejumlah uang milik nasabah yang sudah masuk.

2. Uang Asuransi
Meskipun di dalam BKPB atau STNK kelak akan tercantum nama nasabah, sebelum nasabah melunasi angsuran terakhir kredit sesuai kesepakatan jumlah angsuran dan tenor, mobil masih milik penyedia jasa. Mereka akan membutuhkan perlindungan atas aset mereka dengan asuransi selama pemakaian nasabah. Penyedia akan memberikan standar asuransi yang dibutuhkan dan nasabah berhak meng-upgrade-nya. Biaya asuransi ini akan dibebankan di awal dan biasanya meng-cover semua resiko di tahun pertama dan hanya resiko kehilangan hingga tahun terakhir.

3. Uang Administrasi
Uang administrasi adalah biaya tambahan yang dibebankan karena terjadinya transaksi kredit.

4. Biaya Provisi
Biaya provisi adalah biaya yang diakui sebagai sumber pendapatan dari penyedia kredit. Nominalnya biasanya dalam bentuk persentase dan dikalikan dengan harga mobil. Harap diingat, biaya provisi bukanlah biaya komisi.

5. Angsuran Pertama
Sesuai namanya, angsuran pertama adalah angsuran yang harus dibayar nasabah pertama kali setelah pengajuan kredit diterima dan nasabah telah memiliki nomer kredit. Biasanya, unit mobil akan dikirimkan setelah angsuran pertama dilakukan.

Itulah lima komponen pembiayaan kredit mobil yang perlu Anda ketahui. Selepas dari lima komponen di atas, Anda hanya perlu membayar angsuran selama tenor yang dipilih. Yuk, cek simulasi kredit mobil Honda di sini https://hondaoutsidejava.co.id/credit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *